<$BlogDateHeaderDate$>
21 October 2006 - Happy Deepavali
Sebuah festival meriah yang dirayakan oleh umat Hindu - India diseluruh dunia yaitu Deepavali, atau dikenal juga dengan Festival
of Light.


Di Singapura, lokasi yang sangat meriah dikala hari raya Deepavali, ya di Little India ini, konon malah lebih meriah dan warna warni selama festival Deepavali yang diadakan di negara' red dot' ini dibandingkan dengan di India nya sendiri (?). Lampu warna warni dihias di rumah2 dan di sepanjang Serangoon Rd, dan sekitarnya.


Sangat penting bagi umat Hindu selama perayaan untuk menyalakan lampu minyak (oil lamp) dirumahnya tepat pada hari raya Deepavali sejak pagi dini hari.


Selama festival berlangsung, mereka mendekor rumah dengan lampu2 minyak dengan meriahnya, yang berarti tanda ucap syukur umat Hindu pada dewa2 atas kebahagiaan, pengetahuan, kedamaian, dan kesejahteraan yang telah mereka terima selama ini.

Seperti halnya agama yang lain, pada hari raya ini, semua yang merayakannya, tua muda, pria, wanita mengenakan baju baru, terutama wanita mengenakan baju 'sari' atau 'punjabi' dengan warna warni yang meriah, pada perayaan ini tidak ada yang memakai baju hitam.

Mereka bersilaturahmi kepada orang tua dan kepada yang dituakan, juga kepada seluruh handai taulan. Pagi hari setelah sarapan pagi, biasanya mereka pergi ke temple, berdoa, memohon restu dan berkat, keselamatan, kesejahteraan dan kemakmuran di tahun yang akan datang.

***Wah, tuh tetangga sebelah (Tamari & Ghana) berasa kali kalo 'hari besarnya' lagi diomongin, barusan dia panggil2 kita, (as usual) they invite us to come to their house for 'makan' di rumah mereka. Udah kebayang masakan yang akan dia masak, seperti biasanya tiap tahun pada saat Deepavali, ada curry and all those Indian food yang lain, yummy...gleg...... gleg......, endhuaaaang rumindang, jeng!
Fyi, mereka selalu masak healthy Indian curry looooh, karena enggak pake santen2an tapi selalu pake plain yogurt and millions exotic Indian spices, that's what I like, mau makan enak tapi juga tetep concern dengan kesehatan.